Skip to main content

Laptop Mati Sendiri inilah Penyebab & Solusinya

Penyebab Laptop Sering Mati Tiba Tiba Dan Solusinya
Masalah laptop sering mati sendiri secara tiba-tiba pastinya menjadi persoalan yang terkadang bisa membuat kita bingung bahkan kesal bukan kepalang terlebih lagi hal demikian itu terjadi pada saat kita sedang sibuk melakukan pekerjaan.

Dapat dipastikan bahwa problem tersebut dikarenakan adanya beberapa faktor sebagai penyebabnya baik itu pada sistem hardware ataupun pada sistem windows yang terpasang. Lantas bagaimana cara kita mengetahui faktor tersebut sekaligus cara memperbaikinya ?

Berikut dibawah ini saya jelaskan apa saja gerangan yang menyebabkan laptop suka mati mendadak sekaligus bagaimana solusi cara memperbaikinya.

Beberapa Faktor Penyebab Laptop Mati Sendiri

Pada dasarnya ada dua sumber yang konon dapat menyebabkan kenapa laptop secara tiba-tiba bisa mati dengan sendirinya. Pertama yaitu dari hardware (perangkat keras) dan kedua dari software (piranti lunak) dengan kata lain sistem os windows yang sedang digunakan.

Processor Over Heat

Biasanya masalah ini ditimbulkan karena kipas pendigin yang ada diatas processor mati. Untuk memastikanya perlu membuka kap belakang. Namun kalau terbukti kipasnya mati baiknya segera ganti. Dan jangan lupa untuk mengganti timah pasta pada processor.

Solusinya : Periksa kipas apakah masih terdengar ada bunyi berputar. Apabila sunyi berarti itu bisa jadi sebagai salah satu indikatornya. Jika mati cukup Anda ganti kipas tersbeut dengan yang baru.

Power Supplay

Bisa jadi karena tegangan setrum mulai melemah sehingga papan mother booard tidak dapat bekerja dengan maksimal.

Solusinya : Cek daya setrum pada PS dengan alat avo meter. Apabila memang benar benar alangkah baiknya segera ganti ps tersebut.

Memori Ram

Kapasitas memori ram yang terlalu kecil rupanya dapat menimbulkan masalah pada jalanya kinerja laptop dan sistem os windows lambat.

Solusinya : Lepas memori ram dan gosok pada bagian kaki plat berwarna emas dengan penghapus supaya bersih lalu pasang kembali. Bila memungkinkan saran saya ganti memori ramnya sekaligus tambah kapasitas ke yang lebih besar.

Hardisk

Begitu pula dengan HDD ini justru bagian yang rentan sekali mengalami kerusakan dan tentunya hal ini bakibat dari banyaknya kekeliruan pada saat mengoprasikan windows. Salah satu tanda bukti bahwa hardisk rusak biasanya terdengar ada suara berisk dan lampu indikator hdd tidak nyala.

Solusinya : Ganti hardisk karena kalau sudah hdd yang kena sepertinya sulit untuk diperbaiki

Slot USB

Slot USB tempat menkoneksikan flashdisk dll ini juga acap kali bermasalah mungkin karena terlalu seringanya gesekan sehingga membuat aus

Solusinya : Coba bersihkan dengan koas atau alat pembersih debu sejenisnya

Papan Keyboard

Sementara pada papan keyboard biasanya ada beberapa tombol yang tidak berpungsi dan untuk mengetahui lebih pasti akan problem ini

Solusinya : Coba lepas papan keyboardnya lalu hidupkan kembali laptop apabila bunyi bif hilang artinya bahwa keyboar harus diganti.

Akan tetapi setelah melakukan pemeriksaan secara menyeluruh pada bagian hardware sebagaimana yang saya sebutkan tadi dan ternyata semuanya masih baik-baik saja berarti ada kemungkinan besar masalahnya terdapat pada bagian firanti lunak yang diantaranya sebagai berikut:

Kena Virus
Solusi install anti virus dan lakukan secen menyeluruh pada folder baik yang ada dipartisi c atau partisi lainnya samapi selesai.

Driver
Driver merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan timbulnya masalah sering matinya laptop dengan mendadak. Dan untuk solusinya harap Anda update semua driver yang suport dengan perangkat hardware ataupun os windows dilaptop Anda saat itu juga.

Cress Program
Umumnya masalah ini disebabkan oleh adanya konflik pada program aplikasi yang sebelumnya pernah di install. Solusinya cukup Anda hapus program pada pc atau laptop tersebut sampai bersih

Apabila setelah menerapkan semua cara diatas namun toh kondisi laptop masih juga tetap tidak bisa normal sebagai opsih terakhir lakukan instal ulang windows tersebut.

Demikianlah ulasan singkat terkait beberapa faktor penyebab kenapa laptop sering mati sendiri dan juga cara mengatasinya semoga membantu.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar