Skip to main content

Penyebab Traffic Blog Menurun Dratis dan Solusinya

Penyebab Traffic Blog Menurun Drastis
Mungkin saat ini Anda sedang mengalami masalah dengan traffic blog yang konon terus menurun begitu derastis. bahkan hal tersebut terjadi diluar kewajaran. Namun kondisi serupa dirasakan pula oleh sebagian banyak blogger lainnya, artinya dalam kasus ini Anda tidak sendirian dan jika saya amati selama ini sepertinya kuat dugaan bahwa situasi demikian itu disebabkan oleh banyak faktor.

Lantas faktor apa kira-kira yang lebih dominan terhadap timbulnya efek sebagaimana yang terjadi saat ini ? Menurut hemat saya situasi ini diperkirakan kemungkinan besar disebabkan oleh adanya pembaharuan algoritma inti google seperti algoritma Rankbrain dan BERT yang baru-baru ini resmi diluncurkan.

Bagaimana cara kerja dan apa saja pengaruhnya cara kerja dari kedua algoritma tersebut, Anda bisa mengetahui informasi ini secara detail langsung dari sumbernya disitus Searchengineland. Dan setelah mengetahui paling tidak Anda bisa secepatnya untuk mengambil langkah upaya perbaikan. Pada bagian mana saja yang bisa terpengaruh oleh cara kerja kedua algoritma tadi ? Pada kesempatan ini saya sendiri hanya


5 Penyebab Mengapa Traffic Blog Turun Derastis



1. Banyak URL Yang Error

Apakah didapati ada halaman atau URL yang error pada sebagian halaman posting. Jika ternyata ada notifikasi pesan error maka lakukan secepatnya upaya perbaikan. Untuk mengecek permasalahan melalui GSC ikuti langkahnya ini
  1. Buka Google Search Console
  2. Lihat pada bagian menu Liputan atau Coverage
  3. Apakah ada yang Error
  4. Perika satu persatu semua URL postingan
  5. Kemudian lanjutkan ke tahap perbaikan

2. Terlalu Sering Gonta Ganti Template

Terlalu sering melakukan perubahan pada template hal tersebut juga diyakini dapat berpengaruh besar dampaknya pada stabilitas traffict visitor. Mengganti template blog alih-alih tujuanya agar kinerja blog semakin lebih baik dan ringan menurut saya itu hal biasa asal dengan catatan tidak dilakukan sesering mungkin. Fasalnya tindakan ini juga akan berdampak fatal yang bisa merugikan Anda.

3. Optimasi SEO Berlebihan

Mengoptimalkan blog dengan metode teknik seo onpage ataupun seo offage pada dasarnya memang begitu penting,  Namun kita juga perlu memperhatikan serta mempertimbangkan beberapa hal. Sebab jika kita dalam prakteknya tidak mengindahkan aturan sesuai prosudur yang benar, maka bukan tidak mungkin akan berimbas buruk terhadap performa kinerja blog.

Untuk itu Anda baiknya harus lebih teliti dan hati-hati dalam proses mengoptimasi seo supaya tidak berujung pada sebuah kesakitan. Yang semula digadang-gadang hasilnya bisa maksimal tapi nyatanya malah justru semakin memperburuk keadaan.

4. Kualitas Konten 

Konten merupakan bagian terpenting dalam blog bahkan bisa dikatakan sebagai raja. Oleh sebab itu kenapa membuat artikel berkualitas itu sangat prioritas yang harus betul-betul diperhatikan. Seperti apa kira-kira contohnya bahwa konten tersebut bisa katakan kurang memiliki kualitas yang baik ?
  1. Konten terlalu sedikit atau pendek
  2. Konten hasil Copas
  3. Materi pembahasaan kurang detail
  4. Isi postingan tidak sesuai dengan judul
  5. Dibikin asal-asalan
  6. Perbaiki kembali postingan yang bermasalah

5. Backlink Spam

Walaupun kedudukan backlink hanya sebatas penunjang, Namun ternyata bagian ini juga perlu Anda perhatikan dengan serius dan hati-hati. Karena jika saja kita melakukan pola ini dengan keliru apalagi sembarangan maka hal itu bukan tidak mungkin dapat berdampak buruk terhadap reputasi blog dalam mesin pencarian. Seperti katakanlah misalnya banyak halaman postingan blog tersingkir bahkan hilang dan tentu imbasnya trafficpun secara perlahan menghilang.
  1. Hindari mencari backlink dengan cara spam
  2. Jangan terlalu banyak Outboundlink
Demikianlah sobat zonatutor sedikit informasi mengenai apa saja yang bisa menyebabkan traffic blog menurun sekaligus solusi untuk memperbaikinya. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar