Skip to main content

Tips Cara Merawat HP Samsung Agar Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat Hp Samsung Android

Merawat hp samsung android, Oppo, Xiaomi bahkan merek lainnya terkadang luput dari perhatian. Padahal sejatinya hal tersebut sangatlah begitu penting guna meminimalisasi timbulnya berbagai faktor yang dapat menyebabkan perangkat ponsel kian cepat rusak, Terutamanya pada bagian sistem piranti lunak.

Sebagian dari mereka pengguna device smartphone dapat dipastikan pernah mengalami dan memiliki problem yang berbeda pada ponselnya. Adapun salah satu yang menjadi indikator penyebab demikian itu karena kurangnya perawatan maksimal. Poin apa saja gerangan yang kiranya perlu Anda ketahui terkait dengan bagaimana cara merawat hp samsung yang baik dan benar secara rutin dan sesuai aturan ? Saya akan menjelaskannya untuk Anda.

5 Cara Merawat HP Samung Android Pada Piranti Lunak

Piranti lunak (software) merupakan elemen disemua hp yang termasuk bagian paling sensitip dan paling sering mengalami kerusakan. Sebut saja hal paling umum diantaranya karena seringnya terjadi kekeliruan penggunaan, Kena virus, Kena benturan benda keras dll. Sehingga dampaknya kinerja ponsel terasa semakin lelet. Dan sebagai solusi untuk mengatasi hp lemot dan sering error yang sumbernya dari seputar opiranti lunaknya, Cona Anda lakukan beberapa poin berikut ini !

1. Perbarui versi Android

Dengan mengupdate android ke versi lebih baru secara rutin memungkin semua sistem perangkat lunak yang berjalan pada perangkat ponsel Anda akan mendapatkan pembaruan, Yang tentu saja metode ini secara otomatis akan

2. Perbarui Semua Aplikasi

Memperbaharui setiap aplikasi yang terpasang juga dapat mengurangi resiko kerusakan pada device smartphone. Untuk itu saran saya alangkah baiknya Anda lakukan hal ini setiap kali menemukan pesan notifikasi permintaan update. Bagaimana caranya agar dapat mengetahui atau melihat bahwa ada aplikasi yang perlu diperbarui ?
  • Jalankan aplikasi Play Store
  • Tap menu Tiga Baris dipojk kiri atas
  • Klik Aplikasi & game saya
  • Gulir sampai bawah sampai menemukan aplikasi mana yang sudah waktunya diupdate

3. Pasang Anti Virus

Memasang anti virus tentunya ini merupakan inisiatip dan keputusan cerdas, Terlebih lagi apabila perangkat ponsel Anda sering melakukan konektifitas dengan jaringan internet. Karena dengan cara tersebut disadari atau tidak akan membuka celah masuknya berbagai virus. Banyak sekali program anti virus terbaik untuk android yang bisa Anda pilih salah satunya.

4. Bersihkan file Cache

Cache adalah sampah yang konon ini juga lama-lama akan berdampak buruk pada jalanya kinerja perangkat lunak android, Bahkan tidak menutup kemungkinan bahwa file cache tersebut bisa berubah menjadi virus yang justru lebih mempercepat rusaknya ponsel. Ada banyak aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi masalah ini. Silahkan carai saja lewat Play Store.

5. Hapus Aplikasi Yang Tidak Penting

Dengan semakin mudahnya mendownload aplikasi untuk android, Terkadang kebanyakan sipengguna tanpa mempertimbangkan dan juga memperhatikan dampak apa nantinya yang akan terjadi apabila menggunduh sembarang aplikasi kedalam hp. Apalagi aplikasi tersebut disimpan dimemori telpon.

6. Simpan File Dokumen Di Memori External

Memilih untuk memindahkan aplikasi ke memori external serta file dokumen seperti poto, Video dan berkas lainnya paling tidak upaya ini dapat mengurangi beban , Karena ruang dalam memori internal akan semakin luas dan pastinya hal ini kian memperingan jalanya kinerja sistem os android diponsel Anda.

Merawat HP Pada Bagian Hardware

Sementara pada bagian hardware (piranti keras) terbilang sedikit kemungkinan yang mengelaminya namun kendati begitu tidak ada salahnya juga kita selalu memaksimalkan peratan pada bagian ini. Berikut beberapa elemen yang patut Anda rawat agar kondisi smartphone tetap awet dan tahan lama.

1. Layar Touch Secreen

Kebanyakan umumnya masalah dibagian ini yaitu sering kena goresan atau zat yang menggandung minyak, Disengaja ataupun tidak terkadang jemari telunjuk kita sering langsung menyentuh layar dalam keadaan masih kotor. Sehingga tidak menutup kemungkinan jika hal ini terus dilakukan perlahan tapi pasti kaca layar sentuh menjadi error. Dan solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini cukup gunakan media kaca pelapis.

2. Batrai

Batarai adalah tergolong komponen yang paling dominan bermasalah, Seperti misalnya daya setrum mudah habis alias ngedrop padahal baru saja dicharger. Apabila memang begitu saran saya baiknya segera ganti saja. Karena jika dipaksakan lama-lama akan merusak komponen dalam mesin yang disebabkan kurang maksimalnya setrum.

3. Papan Ketik & Tombol Power

Untuk permasalahan papan ketik dan tombol power biasanya lebih kepada bagian karet pelapis yang nempel dibagian sisi dalam. Seperti contohnya aus atau robek, Sehingga kelenturannya menjadi tidak teratur. Oleh sebab itulah mengapa papan keyped tersebut sering macet dan bahkan tidak berpungsi sama sekali.

Cara paling mudah guna mengatasi problem tersebut coba Anda buka kesing kemudian bersihkan kotoran yang menempel, Bila perlu semprot menggunakan cairan alkohol dan koas lembut.

4. Bagian Body Ponsel

Body ponsel sepertinya bagian luar yang sebenarnya cukup mudah kena goresan, Kemasukan air atau bahkan jatuh. Nah guna meminimalisasi masalah demikian Anda gunakan kesing pembungkus, Sehingga apabila terjadi apap-apa dengan body hp android paling tidak akan terlindungi artinya tidak langsung merusak bagian tersebut.

Nah itulah kurang lebihnya beberapa tips cara sederhana merawat hp samsung android dan hp merke lainya yang dapat saya sampaikan semoga ulasan ini bermanfaat dan membantu.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar